medantiket dot com

Registrasi Online Keanggotaan PJK UMSU
Reg Online Anggota PJK UMSU
PAM-PLN Reload Inet MB Printing

breaking news

Medan Tiket dot com adalah salah satu merchant PJK UMSU. Pembelian tiket dapat dipesan langsung di kantor PJK UMSU pada jam kerja. Dapatkan poin setiap pembelian tiket untuk anggota PJK UMSU - Pendaftaran Keanggotaan PJK UMSU sudah dapat dilakukan secara online melalui MT
On 4:53 AM by MT Admin in
Berastagi adalah salah satu kota / kecamatan di kabupaten Karo, Sumtera Utara. Berastagi salah satu travel spot yang terletak di dataran tinggi Karo. Dari kota Medan, Berastagi ditempuh dengan jarak sekitar 66 kilometer. Kota ini terletak diantara 2 gunung berapi aktif yaitu Sibayak dan Sinabung. Di dekat Gunung Sibayak, terdapat pemandian mata air panas.
Sumber pendapatan terbanyak dari masyarakat di Berastagi terpusat pada penjualan sayur dan buah-buahan, dan bisnis pariwisata. Batak Karo adalah etnis yang dominan di daerah ini.

Berastagi berada di dataran tinggi atau sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut (dpl) yang mana masih satu kawasan dengan deretan panjang Bukit Barisan. Kota yang sehari-hari bersuhu udara antara 17 hingga 19 derajat celcius ini terletak sekitar 10 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo, ke arah utara. Sementara, jika dari ibukota Provinsi Sumatra Utara, Medan, Kota Berastagi terletak 78 km di sebelah selatannya. Dan, dari Medan, Kota Berastagi yang berada di dataran tinggi nampak diapit oleh dua gunung aktif, yakni Gunung Sibayak (2.100 meter dpl) dan Gunung Sinabung (2.400 meter dpl).
Kota Berastagi juga terkenal dengan pesta bunga dan buah serta festival kebudayaan. (Pesta Mejuah-juah yang merupakan festival kebudayaan tradisional tahunan). Acara tersebut diiringi dengan upacara adat yang dilaksanakan sebagai acara berkumpulnya kembali Orang Karo dari perantauan untuk menjalin silaturahmi dengan para kerabat yang ditinggalkan. Selain itu, Pesta Mejuah-juah berfungsi untuk mengingatkan kembali bahwa masyarakat Karo memiliki tradisi merantau sejak dahulu. Hal-hal itulah yang membuat potensi wisata Kota Berastagi kaya.
Sebelum mencapai kawasan Kota Berastagi, ada beberapa lokasi wisata yang dapt disinggahi. Jika Anda berangkat dari Medan dari jalur Simpang Pos (Jalan Jamin ginting), jarak yang akan ditempuh sekitar 78 km ke Berastagi, Anda dapat mengunjungi Sembahe yang merupakan lokasi pemandian Alam. Dalam 45 menit perjalanan menuju Berastagi dengan kendaraan bermotor dari Medan atau sekitar 15 menit perjalanan dari Sembahe, Anda akan melewati Sibolangit, salah satu kecamatan di kabupaten Karo yang memiliki lokasi hutan lindung wisata. Di dalam hutan lindung tersebut juga terdapat beberapa lokasi wisata alam.
Tak jauh dari Sibolangit, Kita bisa mampir untuk berendam di Lau Debuk-debuk, tempat pemandian air panas (belerang). Sangat menyenangkan untuk bersantai sejenak sambil bemandi-mandi merelax kan tubuh yang sedang lelah.

Jalan di sepanjang pusat kota Berastagi
Sumber Foto: Stephen and Therese Jennings
Sampai di kota Berastagi, pusat wisata di Tanah Karo, dapat kita saksikan barisan gunung-gunung yang mengitari kota tersebut. Kota ini memiliki udara yang sejuk dengan hamparan ladang pertanian yang indah, luas, lagi hijau (meskipun kesejukan kota ini mulai berkurang karena banyaknya polusi dan penebangan pohon-pohon). Dekat dengan kota ini, ada beberapa tempat tujuan wisata lainnya: seperti Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang mana Taman Nasional Hutan Rakyat (Tahura) berada di kaki kedua gunung itu. Selain wisata alam, Anda juga dapat menikmati wisata kota, berupa pasar tradisional, arsitektur khas Batak Karo, hingga wisata kuliner.  


Salah satu sudut Kota Berastagi
Sumber Foto: Stephen and Therese Jennings
Sementara, bagi para pengunjung Berastagi yang ingin menikmati view / pemandangan kota dari atas, bisa berkeliling dengan menaiki kuda wisata di sebuah kawasan wisata bernama Bukit Gundaling. Selain itu, wisata kota berupa arsitektur khas Batak Karo dapat dijumpai di dalam perkampungan di sekeliling kota berupa rumah adat berusia sekitar 250 tahun. Arsitektur khas ini misalnya berupa tempat musyawarah (jambur) masyarakat Karo, dan bangunan untuk menyimpan kerangka mayat (geriten). Begitu pula dengan kerajinan asli masyarakat Batak Karo yang bisa didapat di toko-toko suvenir maupun ketika Anda menuju ke desa-desa pusat kerajinannya.
Kemudian, untuk urusan makan, beragam wisata kuliner khas Karo dapat dengan mudah Anda temukan di kawasan Berastagi ini. Apalagi jika memasuki akhir tahun sebagai persiapan acara malam tahun baru, di sana akan Anda jumpai `warung-warung kaget` di tepi jalan yang menjajakan berbagai masakan, seperti misalnya ikan bakar. Atau Anda ingin mencoba bersirih-pinang ala Melayu. Sirih-pinang ini tersedia di Pasar Berastagi. Perayaan akhir tahun di berastagi ini akan termeriahkan dengan pesta kembang api oleh para wisatawan yang berlibur di sana (www.karokab.go.id). Untuk mendapatkan kembang api, sambangi saja beberapa toko khusus kembang api yang tersedia di kota ini dengan harga yang juga terjangkau pula.
Setelah selesai berwisata di Kota Berastagi, dalam perjalanan pulang sempatkanlah untuk mampir ke Bandar Baru yang merupakan suatu kota kecil lebih kurang 47 km dari Berastagi ke arah Medan. Bandar Baru merupakan kawasan berhawa sejuk dengan pemandangan alam yang elok; dan Penatapen yang merupakan lintasan jalan Medan-Berastagi dekat dengan perbatasan antara Kabupaten Tanah Karo dengan Kabupaten Deli Serdang. Di tempat-tempat itu, sering digunakan wisatawan sebagai tempat pemberhentian sejenak bagi yang lelah dalam perjalanan, sembari menikmati hangatnya jagung rebus atau jagung bakar dan kopi Medan yang hangat. Dari sini kita bisa memandang Kota Medan, dan juga melihat Air Terjun Sikulikap beserta jalur pendakian ke Gunung Sibayak (www.sumatra-indonesia.com).
Kota Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.
Sebelum menuju Berastagi yang ada di Kabupaten Karo, maka Anda harus menuju ke Kota Medan terlebih dahulu. Medan dapat ditempuh melalui jalur darat, laut, maupun udara. Medan memiliki Bandar Udara (Bandara) Internasional Polonia yang letaknya 4 km dari pusat kota sebagai terminal jalur udara, sementara Pelabuhan Belawan yang merupakan pelabuhan laut terbesar ketiga di Indonesia terletak 25 km di utara Medan dapat digunakan bagi pengguna transportasi laut. Selain itu, Medan juga mempunyai 2 terminal bus antarkota, yaitu Terminal Pinang Baris di bagian utara dan Terminal Amplas di bagian selatan.



Sumber Foto: JKH

Tour guide atau pemandu wisata berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya disediakan biasanya oleh hotel-hotel tempat Anda menginap, atau dari agen-agen perjalanan wisata Anda.

Penginapan / cottages khas rumah adat Karo di Berastagi
Sumber Foto: JKH
Di musim liburan pada umumnya, terutama jika bertepatan dengan perayaan tahun baru, penginapan seperti hotel, losmen, maupun wisma di Berastagi biasanya akan mengalami kenaikan harga. Meski harga naik, Anda dapat menyiasati ini dengan cara memesan terlebih dahulu jauh hari sebelum kedatangan. Karena, beberapa pengelola penginapan menawarkan paket-paket menginap untuk liburan dan dengan cara ini Anda dapat menghemat biaya bertamasya.
CHECK THE CALENDAR BELOW AND BOOK THE TICKET :
Harga pada menu ini HANYA sebagai Referensi, BUKAN harga resmi dari MT.
Untuk harga tiket dari MT, hubungi langsung MT.